Pelajaran 4: Interaksi Pengguna
4.1. Menggunakan Keyboard, Kontrol Masukan,
Peringatan, dan Picker
Tugas 1: Bereksperimen dengan atribut keyboard entri teks
1.1 Membuat layout utama dan metode showText
1.Buat proyek baru yang bernama Keyboard Samples, dan pilih template Empty Activity
Edit Layout seperti berikut
3.Kemudian buka main activity untuk memasukkan method showtext seperti berikut menggunakan toast
public void showText(View view) {
EditText editText = (EditText) findViewById(R.id.editText_main);
if (editText != null) {
String showString = editText.getText().toString();
Toast.makeText(this, showString, Toast.LENGTH_SHORT).show();
}
}
1.2 Setel keyboard untuk menjadikan huruf besar di awal kalimat
1. Tambahkan atribut android:inputType ke elemen EditText menggunakan nilai textCapSentences command seperti berikut :
android:inputType=”textCapSentences”
1.3 Setel keyboard untuk menyembunyikan sandi saat memasukkannya
1. Ubah elemen EditText untuk menggunakan nilai textPassword untuk atribut android:inputType .
android:inputType=”textPassword”
2. Ubah android:hint menjadi “Enter your password”.
Tugas 2. Mengubah tipe keyboard
2.1 Menggunakan keyboard email
1. Pada elemen EditText di file layout activity_main.xml, ubah atribut android:inputType menjadi yang berikut:
android:inputType=”textEmailAddress”
2. Ubah atribut android:hint menjadi “Enter an email address”.
3. Jalankan aplikasi dan terdapat simbol “@” yang terletak di
sebelah tombol spasi di keyboard.
2.2 Menggunakan keypad ponsel
1.ubah atribut android:inputType menjadi android:inputType=”phone”
Tugas 3: Menambahkan kontrol masukan spinner untuk
memilih label telepon
3.1 Salin proyek KeyboardSamples dan ubah layout
1. Dari layout tadi ganti menjadi Linear Layout dan set orientation menjadi horizontal
2. Tambahkan elemen Spinner di antara elemen EditText dan elemen Button :
Sehingga menjadi seperti berikut
Kemudian Tambakan LinearLayout lagi di bawah LinearLayout yang baru saja Anda buat, dengan orientasi horizontal untuk
mengurung dua elemen TextView secara bersisian — deskripsi teks dan bidang teks untuk menampilkan nomor
telepon dan label telepon — dan meratakan LinearLayout ke bawah induknya
Dan tambahkan textview ke dalam linear layout
Pic atribut
3.2 Tambahkan kode untuk mengaktifkan spinner dan listener-nya
1. Buka strings.xml untuk mendefinisikan nilai yang bisa dipilih (Home, Work, Mobile, dan Other) untuk spinner
sebagai larik string labels_array .
Home
Work
Mobile
Other
2. Untuk mendefinisikan callback pilihan untuk spinner, ubah kelas MainActivity Anda untuk mengimplementasikan
antarmuka AdapterView.OnItemSelectedListener seperti yang ditampilkan:
public class MainActivity extends AppCompatActivity implements
AdapterView.OnItemSelectedListener {
.3 Klik bola lampu dan pilih Implement methods. Metode onItemSelected() dan onNothingSelected() yang diperlukan
untuk OnItemSelectedListener
4. Buat instance objek spinner di metode onCreate() menggunakan elemen Spinner di layout ( label_spinner ), dan
tetapkan listener-nya ( spinner.setOnItemSelectedListener ) di metode onCreate() . Tambahkan kode ke metode
onCreate() :
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
…
// Create the spinner.
Spinner spinner = (Spinner) findViewById(R.id.label_spinner);
if (spinner != null) {
spinner.setOnItemSelectedListener(this);
}
5. Lanjutkan mengedit metode onCreate() , tambahkan pernyataan yang membuat ArrayAdapter dengan larik string
( labels_array ) menggunakan layout spinner sederhana yang disediakan oleh Android untuk setiap item
( layout.simple_spinner_item ):
…
// Create ArrayAdapter using the string array and default spinner layout.
ArrayAdapter adapter = ArrayAdapter.createFromResource(this,
R.array.labels_array, android.R.layout.simple_spinner_item);
…
Layout simple_spinner_item yang digunakan di langkah ini, dan layout simple_spinner_dropdown_item yang digunakan
di langkah berikutnya, adalah layout default yang ditetapkan sebelumnya yang disediakan oleh Android di kelas
R.layout. Anda harus menggunakan layout ini kecuali Anda ingin mendefinisikan layout Anda sendiri untuk item di
spinner dan tampilan spinner.
6. Tetapkan layout untuk pilihan spinner menjadi simple_spinner_dropdown_item , lalu terapkan adaptor ke spinner:
…
// Specify the layout to use when the list of choices appears.
adapter.setDropDownViewResource
(android.R.layout.simple_spinner_dropdown_item);
// Apply the adapter to the spinner.
if (spinner != null) {
spinner.setAdapter(adapter);
}
3.3 Tambahkan kode untuk merespons pilihan pengguna
1. Deklarasikan string mSpinnerLabel di awal definisi kelas MainActivity :
public class MainActivity extends AppCompatActivity implements
AdapterView.OnItemSelectedListener {
private String mSpinnerLabel = “”;
…
}
2. Tambahkan kode ke metode callback onItemSelected() kosong, seperti yang ditampilkan di bawah ini, untuk
mengambil item yang dipilih pengguna menggunakan getItemAtPosition , dan tetapkan ke mSpinnerLabel . Anda juga
bisa menambahkan sebuah panggilan ke metode showText() yang sudah Anda tambahkan ke versi aplikasi
sebelumnya:
public void onItemSelected(AdapterView<?> adapterView, View view, int
i, long l) {
mSpinnerLabel = adapterView.getItemAtPosition(i).toString();
showText(view);
}
Tip: Dengan menambahkan metode showText() ke metode onItemSelected() di atas, Anda telah mengaktifkan
listener pilihan spinner untuk menampilkan pilihan spinner bersama dengan nomor telepon, sehingga Anda tidak lagi
memerlukan tombol Show yang memanggil metode showText() .
3. Tambahkan kode ke metode callback onNothingSelected() yang kosong, seperti yang ditampilkan di bawah ini, untuk
menampilkan pesan logcat jika tidak satu pun yang dipilih:
public void onNothingSelected(AdapterView<?> adapterView) {
Log.d(TAG, “onNothingSelected: “);
}
TAG di pernyataan di atas berwarna merah karena belum didefinisikan.
4. Ekstrak sumber daya string untuk “onNothingSelected: ” ke nothing_selected .
5. Klik TAG, klik bola lampu merah, dan pilih Create constant field ‘TAG’ dari menu munculan. Android Studio
menambahkan yang berikut di bawah deklarasi kelas MainActivity :
private static final String TAG = ;
1. Tambahkan MainActivity.class.getSimpleName() agar menggunakan nama sederhana kelas untuk TAG:
private static final String TAG = MainActivity.class.getSimpleName();
1. Ubah pernyataan String showString di metode showText untuk menampilkan string yang dimasukkan dan item
spinner yang dipilih (mSpinnerLabel):
String showString = (editText.getText().toString() + ” – ” + mSpinnerLabel);
Kemudian jalankan aplikasi
Pic3.3
Leave a Reply